Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Guru Dalam Menggunakan E-Learning Moodle Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus Guru SMK Aceh Besar)

Muhammad Dedi Saputra, 140212096 (2019) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Guru Dalam Menggunakan E-Learning Moodle Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus Guru SMK Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Guru Dalam Menggunakan E-Learning Moodle Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus Guru SMK Aceh Besar)]
Preview
Text (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Guru Dalam Menggunakan E-Learning Moodle Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus Guru SMK Aceh Besar))
Muhammad Dedi Saputra, 140212096, FTK, TI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Aceh Besar, penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan dalam penerimaan suatu teknologi. Pengukuran kesiapan ini dilakukan dengan alasan yang kuat, yaitu untuk melihat kesiapan guru didalam menerapkan sistem e-learning. Pelatihan e-learning ini sudah pernah dilakukan di beberapa SMK di Aceh Besar, tetapi pada kenyataannya belum semua SMK di Aceh Besar menerapkan e- learning tersebut. Maka dari itu peneliti perlu melakukan penelitian untuk melihat kesiapan guru didalam menerapkan sistem e-learning dengan menggunakan pendekatan teori TAM yaitu teori yang digunakan untuk mengetahui penerimaan suatu teknologi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan Pengambilan data pada penelitian ini diambil dengan cara menyebarkan angket/kuesioner. Total responden dalam poenelitian ini berjumlah 41 orang guru. Penelitian ini menggunakan 4 variabel, yaitu kesiapan (Y), kegunaan (X1), kemudahan pengunaan (X2) dan minat prilaku (X3). Dari hasil uji R variabel Kegunaan Teknologi, Kemudahaan Penggunaan Teknologi, dan Minat Penggunaan sebuah Teknologi secara bersama-sama bisa dilihat dari nilai Adjusted R Square dalam Uji R sebesar 0,534 atau 53,4%. hal ini menunjukkan bahwa nilai dari keeratan antara variabel independen terhadap variabel dependen menunjukkan presentase 53,4%. Sedangkan sisanya sebesar 39,6% dipengaruhi oleh sebab-sebab yang lain diluar model penelitian ini. Dari hasil uji T dinyatakan bahwa variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas. (1) variabel kegunaan mempunyai nilai (Thitung)3,040 > 2,024(Ttabel), maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Hɑ diterima maka hipotesis diterima. (2) variabel kemudahan pengguna mempunyai nilai (Thitung)2,871 > 2,024(Ttabel), maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Hɑ diterima maka hipotesis diterima. (3) variabel Minat mempunyai nilai (Thitung)3,591 > 2,024(Ttabel), maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Hɑ diterima maka hipotesis diterima. Dari hasil uji F dinyatakan bahwa variabel X mempunyai pengaruh simultan terhadap variabel Y, dimana perbandingan (valueSIG) > Taraf Signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa guru SMKN Aceh Besar siap untuk menggunakan elearning Moodle.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Hazrullah, S.Pd.I., M.Pd Pembimbing II : Rahmat Musfikar, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesiapan Guru, Pengaruh, Penggunaan Dan TAM
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhammad Dedi Saputra
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:31
Last Modified: 13 Feb 2020 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11007

Actions (login required)

View Item
View Item