Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Seunagan

Jusfikar, 150201115 (2020) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Seunagan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Seunagan)
Jusfikar, 150201115, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Profesionalisme adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang dituntut untuk memiliki keahlian dari para petugasnya, pekerjaan yang di sebut profesi itu tidak bisa dilakukan oleh orang yang tidak terlatih, terdidik dan di siapkan secara khusus terlebih dahulu untuk melakukan pekerjaan itu. Guru yang profesional adalah orang yang terdidik dan terlatih dengan baik, serta memiliki pengalaman yang kaya di bidangnya. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana profesionalisme guru PAI, apa saja yang diupayakan SMA Negeri 3 Seunagan untuk meningkatkan profesionalisme guru dan faktor apa saja yang menjadi pendukung atau penghambat profesionalisme guru PAI. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru PAI, untuk mengetahui upaya SMA Negeri 3 Seunagan untuk meningkatkan profesionalisme guru dan untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat profesionalisme guru PAI. Dalam penelitian ini penulis memakai cara pengumpulan data dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskritif, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. adapun subjek yang dijadikan dalam penelitian ini adalah guru-guru PAI dan kepala sekolah yang dijadikan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PAI belum profesional karena belum mampu dalam menguasai kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga dapat menganggu kenyamanan siswa lain yang sedang berlajar. Kemudian faktor yang dapat meningkatkan profesionalisme guru seperti sarana dan prasarana, sedangkan faktor yang menghambat profesionalisme guru PAI adalah kurangnya motivasi, dana yang terbatas dan kemudian sarana dan prasarana belum lengkap. dan juga buku-buku belum memadai. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi guru dalam meningkatkan kualitas profesionalismenya antara lain, faktor eksternal dan internal siswa, lingkungan, serta sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhibudin, S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Ramli, S.Ag, MH
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru PAI
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.3 Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manuasia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jusfikar Jusfikar
Date Deposited: 14 Feb 2020 01:49
Last Modified: 14 Feb 2020 01:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11009

Actions (login required)

View Item View Item
TOP