Fitoremediasi Limbah Budidaya Ikan Nila ( Oreocrhomis niloticus, (Linnaeus, 1758) ) Menggunakan Spirulina Sp.

Ziah Mauretsa, 150703084 (2019) Fitoremediasi Limbah Budidaya Ikan Nila ( Oreocrhomis niloticus, (Linnaeus, 1758) ) Menggunakan Spirulina Sp. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Fitoremediasi Limbah Budidaya Ikan Nila ( Oreocrhomis niloticus, (Linnaeus, 1758) ) Menggunakan Spirulina Sp.]
Preview
Text (Fitoremediasi Limbah Budidaya Ikan Nila ( Oreocrhomis niloticus, (Linnaeus, 1758) ) Menggunakan Spirulina Sp.)
Ziah Mauretsa, 150703084, FST, BIO, 082367090963.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Limbah budidaya ikan mengandung amonia, nitrogen (N), fosfor (P) dan bahan organik lainnya yang dalam kadar berlebih berpotensi menyebabkan penurunan kualitas air sehingga mengganggu kehidupan organisme akuatik. Fitoremediasi merupakan teknik pendegradasi senyawa berbahaya menjadi tidak berbahaya menggunakan tumbuhan dan mikroalga, salah satunya Spirulina sp. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan Spirulina sp. dalam meremediasikan limbah budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) dan menganalisis laju pertumbuhan Spirulina sp. dalam meremediasikan limbah budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitina ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2019 di Laboratorium Akuakultur Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujung Batee, Aceh Besar. Pengujian klorofil dilakukan di Laboratorium Biologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Rancangan penelitian yang digunakan berupa Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yang digunakan yaitu limbah sebagai kontrol negatif (P0), kontrol Positif (tanpa pemberian limbah) dan limbah ikan nila konsentrasi 25% (P1), 50% (P2), dan 75% (P3). Hasil uji ANOVA menunjukan bahwa laju degradasi limbah menggunakan Spirulina sp. memberikan pengaruh yang signifikan dalam menyerap limbah pada konsentrasi limbah 25%. Hasil uji Beda Nyata Terkecil (BNT) menunjukan adanya perbedaan anatara kelompok konsentrasi limbah 0% dan 25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Lina Rahmawati, M.Si Pembimbing II : Ilham Zulfahmi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Fitoremediasi, Spirulina sp., Limbah, Ikan Nila, Perikanan Budidaya.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Ziah Mauretsa Sargimin
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:26
Last Modified: 14 Feb 2020 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item
View Item