Pemahaman Ayat-Ayat Mubazir Di Kalangan Santri Dayah Darul Ihsan Kampung Krueng Kalee Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Dian Chairunnisa, 150303026 (2019) Pemahaman Ayat-Ayat Mubazir Di Kalangan Santri Dayah Darul Ihsan Kampung Krueng Kalee Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pemahaman Ayat-Ayat Mubazir Di Kalangan Santri Dayah Darul Ihsan Kampung Krueng Kalee Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)
Dian Chairunnisa, 150303026, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Islam merupakan agama yang mengatur segala aspek kehidupan, termasuk perkara mubazir. Sebagaimana yang tercantum dalam Alquran, mengenai larangan manusia untuk melakukan perbuatan mubazir. Penelitian mengenai perilaku mubazir, dilakukan di Dayah Darul Ihsan, karena setelah melakukan observasi di beberapa dayah atau perantren, hanya Dayah Darul Ihsan yang menerapkan hukuman bagi pelaku yang melakukan perbuatan mubazir, namun masih saja sebagian dari santriwati yang melakukan perbuatan mubazir. Sehingga, kenyataan ini membuat peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang permasalahan perilaku mubazir yang ada di Dayah Darul Ihsan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman santriwati terhadap ayat-ayat mubazir, mengetahui bentuk-bentuk perilaku mubazir, serta mengetahui upaya yang dilakukan dayah dalam mencegah santriwati melakukan perilaku mubazir.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan field research (penelitian lapangan). Penelitian ini menggunakan analisis data dengan proses pengumpulan data yang meliputi tiga jalur, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Faktor yang membuat santriwati masih melakukan perilaku mubazir, ialah pada pembelajaran yang diterapkan oleh ustaz atau ustazah Dayah Darul Ihsan yang tidak sempurna dalam menerapkan konsep pemahaman suatu hukum sampai kepada tahap pengamalannya, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Bentuk-bentuk dari perilaku mubazir di dayah, yaitu menyisakan makanan, lalai dalam mematikan lampu atau air, berlebih-lebihan menggunakan air serta membelanjakan hartanya pada hal yang tidak bermanfaat. Upaya yang dilakukan dayah berupa peringatan atau nasihat akan buruknya perilaku mubazir, serta memberikan hukuman dalam rangka membuat santriwati tidak mengulangi perbuatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Zainuddin, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Happy Saputra, S.Ag.,M.Fil.I
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Dian Chairunnisa
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:25
Last Modified: 14 Feb 2020 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11011

Actions (login required)

View Item View Item
TOP