Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 1 Bakongan

Zulkhairi, 150208079 (2019) Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 1 Bakongan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 1 Bakongan]
Preview
Text (Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 1 Bakongan)
Zulkhairi, 150208079, FTK, PKM,.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dari hasil wawancara peneliti dengan guru bidang studi kimia di SMA Negeri 1 Bakongan yang menyatakan bahwakurangnya variasi model pembelajaran yang diterapkan, akibatnya siswa cenderung kurang aktif, kurang berminat dan kurang konsentrasi pada saat proses belajar mengajar. Menurut peneliti solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model inkuiri terbimbing. Model inkuiri terbimbing menuntun siswa untuk lebih aktif, berfikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menentukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan model inkuiri terbimbing dan kelas MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan model konvensional atau metode ceramah. Instrumen pengumpulan data pada penelitian adalah angket respon, soalpre-test dan post-test.Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif dibandingkan model konvensional, hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata pre-test 32,66 menjadi 87,16 pada saat dilaksanakan post-test. Sedangkan model konvensional terjadi peningkatan dari skor rata-rata pre-test 24,88 menjadi 61,44. Hasil dari uji Independent t-test menggunakan SPSS menunjukkan yang bahwa model inkuiri terbimbing lebih efektif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan model konvensional pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 1 Bakongan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji independent t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari angket respon siswa menunjukkan siswa sangat tertarik dengan model inkuiri terbimbing dengan persentase 99,2% yang termasuk dalam kriteria sangat tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.pd Pembimbing II : Mukhlis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Zulkhairi Zulkhairi
Date Deposited: 14 Feb 2020 03:10
Last Modified: 14 Feb 2020 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item
View Item