Praktik Pembacaan Surat Yusuf Dan Maryam Dalam Masyarakat Gampong Lamdom Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh

Zakiatun Fajri, 150303017 (2019) Praktik Pembacaan Surat Yusuf Dan Maryam Dalam Masyarakat Gampong Lamdom Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Praktik Pembacaan Surat Yusuf Dan Maryam Dalam Masyarakat Gampong Lamdom Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh)
Zakiatun Fajri, 150303017, FUF, IAT,082267660228.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Problematika mengenai tujuan pembacaan surat Yusuf dan Maryam adalah agar dikaruniai anak yang tampan dan cantik. Namun, di dalam surat Yusuf dan Maryam tidak dijelaskan adanya tujuan yang demikian. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman masyarakat, praktik pembacaan dan dampak yang ditimbulkan dari adanya pembacaan kedua surat Yusuf dan Maryam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun tahapan analisa penelitian ini adalah: (1) reduksi data; (2) paparan data dan; (3) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi dan pemahaman masyarakat terhadap pembacaan surat Yusuf dan Maryam dilatarbelakangi oleh tiga hal berikut ini: (1) isi kandungan surat Yusuf dan Maryam; (2) cerita yang disampaikan secara turun-temurun; (3) interpretasi pribadi yang dikaitkan dengan berbagai literatur. Berawal dari latar belakang tersebut maka muncullah beragam persepsi dan pemahaman masyarakat dalam memaknai surat Yusuf dan Maryam, baik dari segi makna yang terkandung dalam kedua surat tersebut (tersurat ataupun tersirat) maupun dari segi fadilahnya. Persepsi dan pemahaman tersebut merupakan perantara munculnya praktik pembacaan surat Yusuf dan Maryam dalam masyarakat Gampong Lamdom Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Namun, praktik tersebut hanya dilakukan secara individu dan bersifat pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Fauzi, S.Ag, Lc, MA Pembimbing I : Zulihafnani, S.TH, MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Zakiatun Fajri
Date Deposited: 14 Feb 2020 04:15
Last Modified: 14 Feb 2020 04:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item
TOP