Konsep Pemberdayaan Ekonomi Umat Dalam Perspektif Alquran

Muhammad Azmi, 140303001 (2019) Konsep Pemberdayaan Ekonomi Umat Dalam Perspektif Alquran. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konsep Pemberdayaan Ekonomi Umat Dalam Perspektif Alquran]
Preview
Text (Konsep Pemberdayaan Ekonomi Umat Dalam Perspektif Alquran)
Muhammad Azmi, 140303001, FUF, IAT, 085359836161.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dunia yang semakin maju dan berkembang ternyata tidak dapat mengatasi semua masalah di setiap lini kehidupan seperti kemiskinan, Alquran memberikan solusi terhadap kemiskinan tersebut melalui pemberdayaan ekonomi umat, tetapi dalam Alquran tidak dijelaskan secara eksplisit tentang pemberdayaan ekonomi umat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Alquran menjelaskan tentang ekonomi dan mengetahui bagaimana konsep pemberdayaan ekonomi umat dalam Alquran. Maka pertanyaan penelitian yang termuat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana ekonomi menurut Alquran?; 2) Bagaimana konsep pemberdayaan ekonomi umat dalam Alquran?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode mauḍu’i (tematik). Adapun teknik analisis penelitian ialah analisis deskriptif. Jenis penelitian bersifat studi kepustakaan (library research). Sumber data primer penelitian ini ialah kitab Tafsir al-Mishbah, Tafsir Alquran Tematik, Departemen Agama RI. Adapun yang menjadi sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku-buku, jurnal dan karya ilmiah lainnya yang relavan dengan pembahasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekonomi dalam Alquran yang disebut dengan iqtiṣad mempunyai arti sederhana atau sifat seimbang, maknanya lebih pada hubungan fungsional dan esensial. Namun substansi ekonomi dalam Alquran digambarkan dalam bentuk aktivitas atau kegiatan ekonomi seperti menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Sedangkan konsep pemberdayaan ekonomi umat yang dituntun Alquran terletak pada pemanfaatan dan pendistribusian harta secara merata yang dilakukan dengan baik dan benar. Menyangkut pemanfaatan dan distribusi harta, ada dua ketentuan yang diuraikan dalam Alquran, yang pertama berupa perintah dan anjuran sehingga timbul langkah pemberdayaan dalam bentuk perintah bekerja, berusaha, membayar zakat, berinfak, membagikan harta ghanimah dan fa’i, memberikan harta warisan dan anjuran memberi makan. Ketentuan yang kedua dalam bentuk larangan, yaitu larangan riba, kegiatan monopoli dan menimbun harta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Abdul Wahid, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Zulihafnani, S.TH., MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Azmi
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:16
Last Modified: 17 Feb 2020 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11029

Actions (login required)

View Item
View Item