Analisis Jenis Gaya Berpikir Yang Dominan Dalam Mempengaruhi Miskonsepsi Peserta Didik Analisis Jenis Gaya Berpikir Yang Dominan Dalam Mempengaruhi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Di MAS Darul Ulum

Zanur Asmah Mutia, 150204018 (2020) Analisis Jenis Gaya Berpikir Yang Dominan Dalam Mempengaruhi Miskonsepsi Peserta Didik Analisis Jenis Gaya Berpikir Yang Dominan Dalam Mempengaruhi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Di MAS Darul Ulum. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Jenis Gaya Berpikir Yang Dominan Dalam Mempengaruhi Miskonsepsi Peserta Didik]
Preview
Text (Analisis Jenis Gaya Berpikir Yang Dominan Dalam Mempengaruhi Miskonsepsi Peserta Didik)
Zanur Asmah Mutia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pendahuluan peneliti menemukan terdapat peserta didik mengalami miskonsepsi mengenai kalor dan perpindahan kalor yang dipengaruhi oleh gaya berpikir yang dimiliki peserta didik. Secara teoritis, terdapat empat jenis gaya berpikir, yaitu sekuensial konkret (SK), sekuensial abstrak (SA), acak konkret (AK) dan acak abstrak(AA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gayaberpikir yang dominan dalam mempengaruhi miskonsepsi peserta didik pada materi kalor dan perpindahan kalor serta mengetahui faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif.Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi dan kuisioner tes untuk melihat jenis gaya berpikir yang dimiliki peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi paling tinggi terjadi pada peserta didik yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret. Faktor dari gayaberpikir sekuensial konkret dapat mempengaruhi miskonsepsi pada peserta didik adalah proses pengajaran yang bersifat searah, materi yang disampaikan tidak memberikan penerapan langsung dalam kehidupan sehari-hari, terdapat penafsiran awal yang salah pada diri peserta didik, dan materi yang bersifat konsep abstrak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Abd Mujahid Hamdan, M.Sc 2. Rahmati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gaya Berpikir, Miskonsepsi, Kalor dan Perpindahan Kalor
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Zanur Asmah Mutia
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:55
Last Modified: 25 Feb 2020 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11039

Actions (login required)

View Item
View Item