Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di MAN 4 Aceh Selatan

Hermiaton, 150208085 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di MAN 4 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di MAN 4 Aceh Selatan]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di MAN 4 Aceh Selatan)
Hermiaton, 150208085, FTK, PKM, 082365444394.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MAN 4 Aceh Selatan tentang pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 73 pada materi laju reaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap hasil belajar serta respon siswa setelah menerapkan pembelajaran menggunakan model Predict Observe Explain. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain pre eksperimental dengan one group pre-test post-test. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA-3 MAN 4 Aceh Selatan dengan teknik pengumpulan sampel yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini soal tes pilihan ganda dan angket. Hasil tes belajar siswa dianalisis menggunakan uji korelasi product moment serta respon dianalisis dengan rumus persentase. Hasil analisis uji korelasi product moment terhadap hasil belajar siswa diperoleh signifikan rhitung ≥ rtabel yaitu 0,955 ≥ 0,423, maka H0 ditolak dan Ha diterima dan hasil rata-rata persentase respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Predict Observe Explain positif yaitu 81,24% yang terdiri atas sangat setuju (SS) = 35,41%, setuju (S) = 56,66%, dan tidak setuju (TS) = 6,66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di MAN 4 Aceh selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd Pembimbing II : Mukhlis M.Pd
Uncontrolled Keywords: Predict Observe Explain, Hasil Belajar Siswa, respon siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Hermiaton Hermiaton
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:14
Last Modified: 18 Feb 2020 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11048

Actions (login required)

View Item
View Item