Penerapan Akad Murabahah pada Produk BSM Cicil Emas di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bireuen

Raudhatul Anzira, Anzira (2019) Penerapan Akad Murabahah pada Produk BSM Cicil Emas di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bireuen. Diploma thesis, UIN.

[thumbnail of Membahas tentang Perekonomian]
Preview
Text (Membahas tentang Perekonomian)
RAUDHATUL ANZIRA, 160601039, D3 PS, 082274334998.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan Kerja Praktik di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bireuen, yang bertempat di jalan Banda Aceh-Medan No 8 Sp. 4 Bireuen Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Aceh. Banyak produk yang ditawarkan di BSM Bireuen salah satunya adalah Cicil Emas yang artinya bank menfasilitasi untuk mambantu nasabah dalam membiayai atau kepemilikan emas dengan menggunakan akad murabahah dan jaminan diikat dengan akad rahn. Adapun tujuan dari penulisan Laporan Kerja Praktik ini adalah untuk mengetahui penerapan akad pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bireuen dengan fatwa DSN-MUI. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bireuen telah menerapkan akad untuk produk cicil emas sesuai dengan fatwa DSN-MUI tentang jual beli emas secara tidak tunai yang bias dijadikan panduan oleh masyarakat saat melakukan transaksi. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan adalah, Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bireuen untuk terus berkomitmen dengan penerapan akad yang telah terselenggara dan juga menjaga kepercayaan nasabah yang telah mengambil pembiayaan cicil emas agar produk cicil emas yang ditawarkan oleh pihak bank terus meningkat peminatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1.Dr. Nevi Hasnita, S.Ag., M.Ag 2. Ismail Rasyid Ridla Tarigan, MA
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.4 Analisis dan Kendali Subjek
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Raudhatul Anzira Ishak
Date Deposited: 19 Feb 2020 03:42
Last Modified: 19 Feb 2020 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11049

Actions (login required)

View Item
View Item