Zahara Tul Husna, 150204086 (2020) Pengetahuan Guru Fisika Dalam Pemanfaatan Teknologi Di SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Zahara Tul Husna, 150204086, FTK, PFS, 08232655046.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Fisika adalah mata pelajaran dengan konsep-konsep yang abstrak, sehingga guru harus menggunakan metode yang akraktif, salah satu metode tersebut adalah dengan pemanfaatan teknologi yang semakin marak digunakan dalam pembelajaran, adanya pemanfaatan teknologi memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan guru di SMAN 1 Ingin Jaya mengenai pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Fisika, untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknologi oleh guru di SMAN 1 Ingin Jaya dalam pembelajaran fisika, untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian studi deskriptif yang sifatnya penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 3 guru mata pelajaran Fisika di SMAN 1 Ingin Jaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan angket. Teknik analisis datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SMAN 1 Ingin Jaya termasuk kategori baik terhadap penggunaan media Teknologi dalam pembelajaran. Guru mengetahui pemanfaatan teknologi sebagai media dan sumber belajar, namun belum memanfaatkan aplikasi-aplikasi seperti laboratorium virtual, simulasi Phet, dan makromedia flash. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Guru di SMAN 1 Ingin Jaya mengetahui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran fisika di kelas yaitu sebagai media belajar, sumber belajar, dan sebagai media sekaligus sumber belajar. Guru sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran fisika, pemanfaatan teknologi tersebut berupa penggunaan internet sebagai sumber juga media belajar, microsoft officce, dan penggunaan multimedia seperti video animasi, adanya kendala yang dihadapi guru saat melakukan pembelajaran berbasis teknologi, yaitu keterbatasan sarana dan prasana yang diberikan sekolah, kemudian kemampuan guru yang masih lemah dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Samsul Bahri, M.Pd. Pembimbing II : Muhammad Nasir, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Pembelajaran Fisika. |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Zahara Tul Husna |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 03:26 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11050 |