Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Lurus di MTs

Yenda Irmodi Sary, 150204029 (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Lurus di MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning  (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Lurus di MTs]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Lurus di MTs)
Yenda Irmodi Sary, 150204029, FTK, PFS, 085206761453.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini bahwa materi yang sulit untuk dipahami yaitu materi tentang gerak lurus. Selain itu, bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu buku paket yang disediakan oleh pemerintah. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang dapat menunjang pengetahuan peserta didik dan dirancang agar dapat berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan bahan ajar berbasis PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangan bahan ajar berbasis PBL untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis dan untuk mengetahui kelayakan produk bahan ajar berbasis PBL untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis menurut penilaian para ahli. Jenis penelitan ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Adapun langkah yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analysis desain, dan Development. Penelitian ini tidak menggunakan implementation dan evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan lembar validasi substansi materi dengan skala empat kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain pengembangan bahan ajar berbasis PBL untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis berada dalam kategori layak, (2) kelayakan bahan ajar berbasis PBL untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis yang dinilai oleh desain media berada pada kategori layak (77,25%) dan ahli substansi materi juga berada pada kategori layak (79,25%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis PBL untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis dapat digunakan dalam proses pembelajaran di MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Ed Pembimbing II : Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, PBL, Berpikir Kritis, ADDIE
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yenda Irmodi Sary
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:12
Last Modified: 21 Feb 2020 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11060

Actions (login required)

View Item
View Item