Analisis Transaksi Garal (Gadai) Dalam Persepsi Masyarakat Adat Gayo (Studi Kasus Di Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh)

Sahri Rizki, 150602014 (2019) Analisis Transaksi Garal (Gadai) Dalam Persepsi Masyarakat Adat Gayo (Studi Kasus Di Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Analisis Transaksi Garal (Gadai) Dalam Persepsi Masyarakat Adat Gayo (Studi Kasus Di Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh))
Sahri Rizki, 150602014, FEBI, ES, 082275444464.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh menggunakan sistem garal dimana penggadai (rahin) tidak dapat mengambil manfaat dari barang yang digadaikan sampai dengan jangka waktu yang telah ditentukan tiba, biasanya yang sering dimanfaatkan untuk barang jaminan adalah kebun kopi sehingga hasil panen sepenuhnya menjadi milik penerima gadai (murtahin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme praktik garal yang berlaku di Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah, faktor-faktor yang mendorong masyarakat melaksanakan garal dan pelaksanaan garal di Kecamatan Permata ditinjau dari ekonomi Islam. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian, praktik garal yang dilakukan dari pelaksanaan akadnya sudah memenuhi rukun dan syarat gadai (rahn). Adapun dari segi praktik dengan pengambilan manfaaat barang jaminan yang dikuasai sepenuhnya oleh penerima gadai (murtahin) dalam tinjauan Ekonomi Islam tidak dibenarkan untuk dilakukan, karena merugikan salah satu pihak. Faktor-faktor yang mendorong masyarakat melaksanakan praktik garal ini dikarenakan kesulitan, tambahan modal usaha, pendidikan anak, terjebak hutang, dan untuk pengobatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Israk Ahmad Syah, B.Ec.,M.Ec.,M.Sc Pembimbing II : Jalaluddin, ST.,MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.23 Perjanjian (Termasuk Gadai)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Sahri Rizki
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:40
Last Modified: 20 Feb 2020 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11063

Actions (login required)

View Item View Item
TOP