Pesan Dakwah Dalam Film Cinta Subuh Episode Pejuang Subuh Karya M. Amrul Ummami

Shinta Haryati, 411206584 (2019) Pesan Dakwah Dalam Film Cinta Subuh Episode Pejuang Subuh Karya M. Amrul Ummami. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pesan Dakwah Dalam Film Cinta Subuh Episode Pejuang Subuh Karya M. Amrul Ummami)
Shinta Haryati, 411206584, KPI, FDK, 082272921651.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pesan Dakwah Dalam Film Cinta Subuh Episode Pejuang Subuh Karya M. Amrul Ummami”. Film Cinta subuh merupakan salah satu film yang ditayangkan di channel youtube milik Film Maker Muslim (FMM). Film ini tidak hanya bertujuan untuk menghibur saja tetapi juga memberikan pesan dakwah bagi yang menontonnya. Caranya yang mudah diakses dan ditonton dimana saja membuat film ini banyak diminati.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan metode yang digunakan yaitu analisis isi. Dengan menggunakan metode tersebut maka penulis akan menganalisa film Cinta Subuh Episode Pejuang Subuh sebagai subjek penelitian dan pesan dakwah dalam film Cinta Subuh Episode Pejuang Subuh sebagai objek. Untuk mengumpulkan data, maka teknik yang digunakan yaitu observasi dan research document. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori uses and gratification. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pesan-pesan dakwah yang terdapat pada tiga aspek, yaitu dari segi aqidah yang ditunjukkan pada saat salah satu tokoh memohon ampunan pada Allah. Kemudian dari segi syariah contohnya yaitu melaksanakan shalat secara berjamaah di masjid dan dari segi akhlak yaitu mengajak orang untuk melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Penelitian ini juga menganalisa teknik pembingkaian pesan dengan menggunakan model AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decissi0n, Action). Bahkan tidak hanya itu saja, ditemukan juga simbol-simbol dakwah dalam film Cinta Subuh Episode Pejuang Subuh. Melalui film sebagai salah satu media dakwah diharapkan akan membuat masyarakat lebih memahami dan bisa mengikuti apa yang disampaikan dalam suatu dakwah. Sehingga apa yang menjadi tujuan dari dakwah dapat tersampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. H.A. Karim Syeikh,M.A 2. Arif Ramdan, M.A
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah, film, analisis isi, AIDDA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Shinta Haryati
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:28
Last Modified: 20 Feb 2020 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item
TOP