Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 5 Takengon

Linda Reza Yani, 150208027 (2019) Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 5 Takengon. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 5 Takengon]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 5 Takengon)
Linda Reza Yani, 150208027, FTK, PK, 085211882748.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Rendahnya nilai pembelajaran pada materi ikatan kimia di SMA Negeri Takengon disebabkan karena siswa kesulitan dalam memahami berbagai jenis ikatan kimia. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran Probl Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pertany penelitian dalam sekripsi ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas sis respon siswa, dan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Takengon saat di terapk model pembelajaran PBL pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 5 Takengon Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksana dalam 3 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-2 den jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observ angket, dan soal tes, data observasi dianalisis dengan menggunakan tekni persentase, hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan individual ketuntasan klasikal, respon siswa dianalisis menggunakan teknik persentase. H aktivitas guru pada siklus I sebesar 89,17%, siklus II sebesar 95%, dan siklus sebesar 96,67%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 87,5%, siklus sebesar 94,16%, dan siklus III sebesar 97,5%. Persentase respon siswa y menyukai pembelajaran dengan menggunakan model PBL pada materi ik kimia sebesar 92,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus sebesar 60%, siklus II sebesar 76,67% dan siklus III sebesar 88,66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ramli Abdullah, M.Pd Pembimbing II : Asnaini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PBL, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Respon, dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Linda Reza Yani
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:49
Last Modified: 20 Feb 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11067

Actions (login required)

View Item
View Item