Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Papan Flanel Di RA Fathun Qarib Banda Aceh

Irmaida, 150210027 (2019) Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Papan Flanel Di RA Fathun Qarib Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6  Tahun melalui Media Papan Flanel Di RA Fathun Qarib Banda Aceh]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Papan Flanel Di RA Fathun Qarib Banda Aceh)
Irmaida. 150210027, FTK, PAUD, 081265413106.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan dengan prinsip belajar sambil bermain dan menggunakan media tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam berpikir logis. Namun kenyataannya di RA Fathun Qarib Banda Aceh belum menggunakan prinsip tersebut dan media tertentu dalam proses pembelajaran. Hasil observasi awal di RA Fathun Qarib Banda Aceh ditemukan bahwa anak belum mampu mengurutkan ukuran benda dari kecil ke besar, dan anak belum sepenuhnya mengenal konsep banyak dan sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di RA Fathun Qarib Banda Aceh dengan menggunakan media papan flanel. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dan melibatkan anak kelompok B1 dan B2. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan analisis Quasi Eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan dengan menggunakan statistik Uji-t, maka adanya pengaruh penggunaan media papan flanel terhadap peningkatan kemampuan berpikir logis anak sebagaimana diperoleh yaitu 4,94> 1,70. Kemampuan berpikir logis anak saat diterapkan media papan flanel meningkat sebagaimana hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 88,75. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis anak 5-6 tahun di RA Fathun Qarib Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, MA Pembimbing II : Rafidhah Hanum, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Logis, Media Papan Flanel
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Irmaida Irmaida
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:31
Last Modified: 21 Feb 2020 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11071

Actions (login required)

View Item
View Item