Penggunaan Multimedia Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI Di MAN 6 Aceh Besar Kuta Baro

Yora Yuni Merhastita, 140207179 (2020) Penggunaan Multimedia Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI Di MAN 6 Aceh Besar Kuta Baro. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Multimedia Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI  Di MAN 6 Aceh Besar Kuta Baro]
Preview
Text (Penggunaan Multimedia Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI Di MAN 6 Aceh Besar Kuta Baro)
Yora Yuni Merhastita, 140207179, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat dan hasil belajar siswa kelas XI MIA1 di MAN 6 Aceh Besar Kota Baru salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya variasi penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran, salah satu solusi terhadap rendahnya minat dan hasil belajar siswa tersebut adalah dengan penggunaan multimedia yang sesuai dengan materi yang di ajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa kelas XI MIA1 dengan menggunakan multimedia pada materi sel. Penelitian ini menggunakan rancangan design pre-exsperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 6 Aceh Besar Kota Baru, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA1 yang berjumlah 28 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk melihat minat belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Analisis data minat belajar siswa menggunakan rumus indeks, dan hasil belajar siswa menggunakan rumus N-gain dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pada materi sel memperoleh nilai rata-rata 83,5 dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan (N-gain) yaitu 0,63 dengan kriteria sedang. Hasil analisis uji t yaitu 20,8 (thitung ≥ ttabel = 20,8 ≥ 1,703), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi sel kelas XI MIA1 di MAN 6 Aceh Besar Kuta Baro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Eriawati, S.Pd.I., M.Pd 2. Nafisah Hanim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Minat, Hasil Belajar, Materi Sel.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yora Yuni Merhastita
Date Deposited: 07 Jul 2020 03:14
Last Modified: 07 Jul 2020 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item
View Item