Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Selalu Berhemat Energi Di MIN Kampong Baro Kecamatan Teunom

Evi Yuniati, 201325191 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Selalu Berhemat Energi Di MIN Kampong Baro Kecamatan Teunom. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema  Selalu Berhemat Energi Di MIN Kampong Baro Kecamatan Teunom]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Selalu Berhemat Energi Di MIN Kampong Baro Kecamatan Teunom)
Evi Yuniati, 201325191, FTK, PGMI, 081361131880-.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar siswa salah satunya terpengaruhi oleh pendekatan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang inovatif perlu dikembangkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di sekolah, menunjukkan bahwa guru terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran sedangkan siswa terlihat lebih pasif. Hal tersebut disebabkan karena keterbatasan guru dalam memilih pendekatan yang sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga membuat siswa bosan dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga kurang memanfaatkan model dalam pembelajaran padahal banyak materi yang sesuai.Dari permasalahan di atas peneliti ingin melakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan suatu pendekatan inovatif yaitu pendekatan Saintifik.Pendekatan Saintifik merupakan pendekatan yang dikembangkan agar siswa memperoleh pengalaman langsung sehingga siswa dapat dengan mudah memahami isi materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru, (2) Untuk mengethui aktivitas siswa, (3) Untuk mengetahui hasil belajar dengan menerapkanpendekatan saintifik pada tema selalu berhemat energi kelas IV MIN Kampong BaroKecamatan Teunom. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (1) Lembar observasi (2) soal pre tes dan post tes. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 74,16% dalam katagori baik, sedangkan pada siklus II yaitu 94% dalam katagori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 71,81% dalam katagori baik, pada siklus II menjadi 90,90% dengan katagori baik sekali. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, pada siklus I memperoleh nilai 72,4%, pada siklus II meningkat menjadi 90,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar, M.Pd Pembimbing II : Daniah, S. Si., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Pendekatan Saintifik, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evi Yuniati
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:56
Last Modified: 21 Feb 2020 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11088

Actions (login required)

View Item
View Item