Pelaksanaan Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di MAN 2 Banda Aceh

Andi Maulana, 140213032 (2019) Pelaksanaan Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di MAN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelaksanaan Diskusi  Kelompok Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di MAN 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Pelaksanaan Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di MAN 2 Banda Aceh)
Andi Maulana, 140213032, FTK, BK, 085213941096.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterampilan sosial merupakan kemampuan individu dalam mengungkapkan argument atau pendapat di dalam suatu kelompok belajar. Namun, kemandirian sosial sering kurang diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran, sedangkan kemandirian merupakan salah satu faktor pendorong dalam mencapai keberhasilan baik secara akademik maupun non akademik dan salah satu upaya yang dapat meningkatkan keterampilan sosial adalah dengan diskusi kelompok. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan diskusi kelompok dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di MAN 2 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ialah kuantitatif dengan metode penelitian pre- experimental design dengan desain one-group pretest-postest. Teknik Pengambilan Sampel Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah mengunakan skala keterampilan sosial. Data yang diperoleh di olah dengan mengunakan aplikasi SPSS 21, uji Wilcoxon pada skala keterampilan sosial siswa dan mengunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan diskusi kelompok dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di MAN 2 Banda Aceh kemudian pelaksanaan diskusi kelompok yang dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dalam berdiskusi kelompok, sehingga siswa dapat memahami pentingnya meningkatkan keterampilan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mashuri, S. Ag.,MA Pembimbing II : Evi Zuhara.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Diskusi Kelompok, Keterampilan Sosial
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Andi Maulana
Date Deposited: 24 Feb 2020 04:21
Last Modified: 24 Feb 2020 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11090

Actions (login required)

View Item
View Item