Penerapan Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) iB pada PT. Bank Brisyariah Kantor Cabang Banda Aceh

Lia Zulfa Utami, 041300719 (2016) Penerapan Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) iB pada PT. Bank Brisyariah Kantor Cabang Banda Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text
Full LKP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh beralamat di Jalan Tgk. H.M. Daud Beureueh No. 72-74, Lampriet, Banda Aceh mulai diresmikan pada tanggal 01 April 2004 berfungsi sebagai lembaga keuangan yang menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran lainnya. Selama melakukan Kerja Praktik, penulis banyak di tempatkan di bagian operasional. Adapun tujuan penulisan Laporan LKP ini adalah untuk mengetahui penerapan tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) pada PT. Bank BRISyariah. Berdasarkan hasil kerja praktik dilapangan dapat disimpulkan bahwa tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) adalah tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik. Manfaat diterbitkan tabungan SimPel adalah untuk mendorong budaya menabung sejak dini. Mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas. Produk Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) pada PT. Bank BRISyariah menggunakan akad Wadi’ah Yad Dhamānah. Akad ini adalah akad antara dua pihak, satu pihak sebagai pemilik dana (nasabah) dan pihak penerima titipan (Bank). Pihak BRISyariah mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi dalam rangka mengenalkan produk tabungan simpanan pelajar dan mengajak pihak sekolah untuk melakukan kerja sama. PT. Bank BRISyariah dalam melaksanakan operasional produk tabungan Simpanan Pelajar telah memenuhi Standar Operasional Perusahaan. Diharapkan produk tabungan Simpanan Pelajar pada PT. Bank BRISyariah Banda Aceh dapat meningkatkan minat menabung di kalangan pelajar.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Nilam Sari, M.Ag, NIP. 19710317200812007 2. Intan Qurratul Aini, S.Ag, M.Si, NIP. 197612172009122001
Uncontrolled Keywords: Tabungan, Simpanan, Pelajar, iB, Brisyariah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:32
Last Modified: 19 Jul 2017 08:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item
TOP