Gaya Kepemimpinan Keuchik untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Gampong Keude Aron Kecamatan Kawai XVI Kabupaten Aceh Barat

Mayrizal Saputra, 150802028 (2019) Gaya Kepemimpinan Keuchik untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Gampong Keude Aron Kecamatan Kawai XVI Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Gaya Kepemimpinan Keuchik untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Gampong Keude Aron Kecamatan Kawai XVI Kabupaten Aceh Barat)
Meyrizal, 150802028, FISIP, IAN, 085371800607.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Gaya kepemimpinan seorang pemimpin merupakan hal penting dalam mengorganisir dan mempengaruhi orang-orang yang berada didaerahnya agar ikut berpartisipasi dalam suatu kegiatan. Seperti halnya di Gampong Keude Aron yang melaksanakan pembangunan Gampong, maka pemimpin dapat menumbuhkan kepercayaan kepada masyarakat yang dipimpinnya dengan gaya kepemimpinan yang tepat dengan prakarasa yang sesuai di masyarakat setempat. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan Keuchik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Gampong, bagaimana partisipasi masyarakat dalam pembangunan Gampong, dan faktor penghambat yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Gampong Keude Aron Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Keuchik, sekretaris, kepala urusan perencanaan, tokoh masyarakat serta masyarakat Gampong Keude Aron Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan Keuchik Untuk meningkatkan partisipasi masyarkat dalam pembangunan di Gampong Keude Aron Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat adalah gaya kepemimpinan partisipastif ditandai adanya musyawarah dalam hal perencanaan dan pengambilan keputusan bersama serta melibatkan seluruh masyarakat Gampong dalam proses pelaksanaan serta pengawasan dan evaluasi dalam pembangunan Gampong. Sedangkan partisipasi masyarakat di Gampong tersebut masih kurang aktif terhadap proses pembangunan baik dari segi musyawarah, pelaksanaan, dan pengawasan dalam pembangunan. Namun dari segi partisipasi masyarakat dalam bentuk pemanfaatan hasil serta evaluasi terhadap pembangunan yang di hasilkan sudah baik, hal ini ditandai dengan adanya kepedulian masyarakat dalam memanfaatkan hasil pembangunan serta memberikan masukan-masukan terhadap kekurangan atas pembangunan yang telah dilaksanakan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Gampong Keude Aron Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat ialah faktor politik, jenis kelamin, tingkat pendidikan, serta pekerjaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. S. Amirullah Kamar. MM., M.Si 2. Mirza Fandzikri, M.Si
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Partisipasi, Masyarakat.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: S.AP Mayrizal Saputra Umar
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:34
Last Modified: 26 Feb 2020 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item
TOP