Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Performa Peserta Didik di SMA Negeri 5 Banda Aceh

Siti Safura, 150213089 (2020) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Performa Peserta Didik di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Performa Peserta Didik di SMA Negeri 5 Banda Aceh]
Preview
Text (Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Performa Peserta Didik di SMA Negeri 5 Banda Aceh)
Combined.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kecemasan dianggap sebagai salah satu faktor penghambat dalam belajar, karena kecemasan merupakan gangguan alam perasaan yang ditandai dengan perasaan ketakutan atau kekhawatiran yang mendalam dan berkelanjutan. Permasalahan di SMA Negeri 5 Banda Aceh adalah kecemasan performa yang sering terjadi pada peserta didik dan sulit untuk dihilangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecemasan performa peserta didik di SMA Negeri 5 Banda Aceh sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, seberapa besar tingkat kecemasan performa peserta didik di SMA Negeri 5 Banda Aceh sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dan keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi kecemasan performa peserta didik di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh berjumlah 237 peserta didik dengan kecemasan performa tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian berjumlah 7 peserta didik yang mewakili dari kelas X IPA 4 dan X IPS 3. Sampel dipilih melalui purposive sampling dengan pengkategorian peserta didik yang memiliki tingkat kecemasan performa tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental (pra-eksperimen) dengan desain One Group Pre-test-Post-test-Design. Pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk mengurangi kecemasan performa peserta didik di SMA Negeri 5 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Saifullah, M.Ag Pembimbing II : Annisa Apriliyanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, dan Kecemasan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Siti Safura
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:58
Last Modified: 26 Feb 2020 01:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11103

Actions (login required)

View Item
View Item