Manajemen Kesiswaan Dalampengembangan Bakat Dan Minat Siswa Di SMPN 9 Banda Aceh

Nurlijah, 150206116 (2019) Manajemen Kesiswaan Dalampengembangan Bakat Dan Minat Siswa Di SMPN 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Manajemen Kesiswaan Dalampengembangan Bakat Dan Minat Siswa Di SMPN 9 Banda Aceh)
Nurlijah, 150206116, FTK, MPI, 085262950007.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Setiap siswa memiliki potensi, bakat, minat dan perkembangan yang beragam, namun tidak ada guru yang mengajar di bidang-bidang tersebut atau tidak ada yang membina peseta didik dalam mengembangkan bakat dan minatnya, bahkan dari pihak wakil kesiswaan itu sendiri tidak ada upaya untuk mengajarkan atau membina peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minatnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa di SMPN 9 Banda Aceh, untuk mengetahui hambatan manajemen kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa di SMPN 9 Banda Aceh, untuk mengetahui solusi dari hambatan manajemen kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa di SMPN 9 Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati, diarahkan dari latar belakang individu secara utuh (holistic) tanpa mengisolasikan individu dan organisasinya dalam variable tetapi memandangnya sebagai bagian dari suatu keutuhan. Subjek penelitian adalah wakil kesiswaan, guru bimbingan konseling dan 4 (empat) orang siswa di SMPN 9 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa di SMPN 9 Banda Aceh sudah melaksanakan pengembangan bakat dan minat siswa sesuai dengan apa yang siswa miliki. Hambatan yang dihadapi manajemen kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa di SMPN 9 Banda Aceh adalah kurangnya fasilitas untuk menunjang pengembangan bakat dan minat siswa. Solusi dari hambatan manajemen kesiswaan dalam pengembangan bakat dan minat siswa di SMPN 9 Banda Aceh adalah walaupun dengan terbatasnya fasilitas untuk menunjang pengembangan bakat dan minat siswa, guru-guru tetap terus mengarahkan dan membimbing siswa agar siswa-siswanya berhasil dan mencetak prestasi-prestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs.Yusri M. Daud,M,Pd Pembimbing II : Nurussalami, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesiswaan, Bakat, Minat, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurlijah Nurlijah
Date Deposited: 25 Feb 2020 05:05
Last Modified: 25 Feb 2020 05:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11109

Actions (login required)

View Item View Item
TOP