Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Dengan Teori Polya Pada Materi Kalor Kelas XI SMAN 3 Banda Aceh

Dinda Yulia Darsa, 150204003 (2020) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Dengan Teori Polya Pada Materi Kalor Kelas XI SMAN 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Dengan Teori Polya  Pada Materi Kalor Kelas XI SMAN 3 Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Dengan Teori Polya Pada Materi Kalor Kelas XI SMAN 3 Banda Aceh)
Dinda Yulia Darsa, 150204003, FTK, PFS, 089530218798.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti, banyak kendala yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika, khususnya materi Kalor. Diantaranya adalah peserta didik tidak memahami masalah dalam soal, selain itu peserta didik juga masih menghafal rumus-rumus tanpa memahami konsep-konsep fisika dan juga peserta didik tidak mampu menggunakan rumus-rumus fisika sesuai dengan soal yang benar. Oleh karena itu perlu adanya teori pemecahan masalah, yaitu dengan menerapkan langkah-langkah teori polya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika pada materi kalor berdasarkan teori Polya di kelas XI di SMAN 3 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik kelas XI SMAN 3 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan berupa tes soal, kemudian data tersebut dianalisis melalui tahap dari teori polya, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana dan meninjau kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan dalam aspek memahami soal seluruh peserta didik dapat memahami. Pada aspek merencanakan, seluruh peserta didik sudah dapat merencanakan pemecahan soal dengan baik. Pada aspek menyelesaikan rencana dan meninjau kembali, beberapa peserta didik mengalami kesulitan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Rusydi, S. T, M.Pd Pembimbing II : Muhammad Nasir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Peserta didik, Teori Polya dan Kalor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dinda Yulia Darsa
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:00
Last Modified: 26 Feb 2020 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11110

Actions (login required)

View Item
View Item