Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Fluida Statis di SMA

Tri Yana Mursyidin, 150204010 (2020) Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Fluida Statis di SMA. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Fluida Statis di SMA]
Preview
Text (Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Fluida Statis di SMA)
Tri Yana Mursyidin, 150204010, FTK, PFS, 082275735161.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan minat peserta didik dalam proses pembelajaran fisika dan kurangnya bahan belajar yang digunakan di SMA Negeri 2 Kluet Utara. Oleh karna itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis pendekatan saintifik agar peserta didik dapat mengikuti atau memahami proses pembelajaran fisika, dan peserta didik tertarik dalam belajar fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangan LKPD berbasis pendekatan saintifik, untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis pendekatan saintifik, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, dan angket peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain pengembangan LKPD berbasis pendekatan saintifik berada dalam kategori sangat layak, (2) kelayakan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dinilai oleh ahli ahli desain media berada pada kategori sangat layak (85%), ahli substansi materi juga berada pada kategori sangat layak (85%), dan tanggapan peserta didik terhadap LKPD berbasis pendekatan saintifik memperoleh persentase rata-rata sebesar 81% termasuk dalam kategori tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD pendekatan saintifik yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan belajar dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Samsul Bahri, M.Pd Pembimbing II : Mulyadi Abdul Wahid, M.Sc
Uncontrolled Keywords: LKPD, Pendekatan Saintifik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Tri Yana Mursyidin
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:03
Last Modified: 26 Feb 2020 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

View Item
View Item