Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Safitri, 150205007 (2020) Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa]
Preview
Text (Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa)
Safitri, 150205007, FTK, PMA,.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang dapat melatih siswa dalam menumbuh-kembangkan cara berfikir kritis, logis, dan kreatif. Permasalahan selama ini dalam matematika adalah siswa masih belum dapat mengembangkan proses berpikir matematis secara maksimal karena pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Pemahaman konsep matematis siswa merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis seperti permasalahan yang berkenaan dengan konsep, operasi dan prinsip maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa adalah model Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) memiliki tiga tahapan meliputi: Individual, Triplet, dan Diskusi Kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model Konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di MTsS Dama Puteh. Penulis menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Dama Puteh. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t , maka diperoleh thitung = 1,8 dan t(tabel) = 1,68. Karena thitung > t(tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di MTsS Dama Puteh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Ikhsan, M.Pd. Pembimbing II : Susanti, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Safitri Safitri
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:05
Last Modified: 30 Jun 2020 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item
View Item