Wahyu Aswad, 150204052 (2020) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Berbentuk Gambar Pada Materi Listrik Dinamis Di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Wahyu Aswad, 150204052, FTK, PFS, 082274962120.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Kesulitan belajar merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai pada siswa saat belajar fisika, faktor kesulitan yang dialami siswa dapat berupa faktor internal dan eksternal. Peneliti ini bertujuan untuk mengindetifikasi kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal berbentuk gambar pada materi listrik dinamis berdasarkan Teory Polya dan faktor-faktor penyebabnya. Metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 Siswa kelas XII MIA 2 di MAN 4 Aceh Besar. Instrument yang digunakan adalah soal tes berupa soal-soal berbentuk gambar dan wawancara dalam melihat lebih lanjut kesulitan apa yang dialami siswa ketika menyelesaikan soal-soal berbentuk gambar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal berbentuk gambar setiap tahapan, tahap 1 sebanyak 15%, tahap 2 sebanyak 60%, tahap 3 sebanyak 60%, dan tahap 4 sebanyak 60% . Penyebab yang dialami siswa yaiu kesulitan dalam memahami masalah, menentukan suatu rencana, melaksanakan suatu rencana dan pengecekan kembali jawaban yang dikerjakan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Samsul Bahri, M,Pd Pembimbing II : Muhammad Nasir, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kesulitansiswa, dan Soal-soal Berbentuk Gambar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Wahyu Aswad |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 02:58 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 02:58 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11121 |