Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di SMAN 1 Arongan Lambalek

Ghinawati, 150208019 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di SMAN 1 Arongan Lambalek. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di SMAN 1 Arongan Lambalek]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di SMAN 1 Arongan Lambalek)
Ghinawati, 150208019, FTK, PKM, 082274258942.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan salah satu bidang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang fenomena yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang maksimal menyebabkan siswa kurang menguasai pelajaran teori maupun perhitungan. Materi laju reaksi merupakan materi yang sangat erat hubungannya dengan perhitungan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempelajari materi laju reaksi adalah dengan menerapkan model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar serta untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan respon siswa di SMAN 1 Arongan Lambalek dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa XI MIA 2 SMAN 1 Arongan Lambalek sebanyak 24 siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, tes dan angket, kemudian hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan klasikal sedangkan aktivitas guru, siswa dan respon siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru meningkat dari 72,32% menjadi 94,64%, aktivitas siswa meningkat dari 67,30% menjadi 87,5%, yang dikategorikan sangat baik. Hasil pembelajaran siswa meningkat dari siklus I 4,83% menjadi 87,5%. Respon siswa menunjukkan sangat tertarik dengan persentase sangat setuju sebesar 44,01%, 42,01% setuju, 1,85% tidak setuju dan 0,37% sangat tidak setuju.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd Pembimbing II : Ainun Mardhiah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Laju Reaksi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ghinawati Ghinawati
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:06
Last Modified: 26 Feb 2020 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11122

Actions (login required)

View Item
View Item