Hubungan Kohesivitas dengan Konformitas dalam Mengunjungi Warung Kopi Pada Komunitas Scorpio Aceh

Evia Safrina, 150901082 (2019) Hubungan Kohesivitas dengan Konformitas dalam Mengunjungi Warung Kopi Pada Komunitas Scorpio Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Hubungan Kohesivitas dengan Konformitas dalam Mengunjungi Warung Kopi Pada Komunitas Scorpio Aceh)
Evia Safrina, 150901082, PSI, PSI, 082291597738.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konformitas mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang. Kafe atau warung kopi telah menjadi tempat tumbuhnya konformitas, dapat dilihat dari alasan beberapa individu yang mengunjungi warung kopi karena memenuhi undangan teman. Salah satu faktor individu melakukan konformitas adalah kohesivitas, karena seseorang akan berperilaku sesuai dengan yang dinilai wajar dan dapat diterima oleh sebuah komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kohesivitas dengan konformitas dalam mengunjungi warung kopi pada komunitas Scorpio Aceh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Komunitas Scorpio Aceh adalah sekumpulan pecinta motor Yamaha Scorpio yang berdomisili di Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah anggota Scorpio Aceh sebanyak 50 orang, dengan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Kohesivitas berdasarkan aspek dari Carron, Widmeyer, dan Brawley (1985), dengan nilai reliabilitas sebesar 0,917 dan skala Konformitas berdasarkan aspek dari Baron dan Byrne (2005), dengan nilai relibilitas sebesar 0,866. Hasil analisis data dengan korelasi product-moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,485 dengan p = 0,000 (p<0,05), yaitu hubungan positif. Artinya semakin tinggi tingkat kohesivitas, maka semakin tinggi pula tingkat konformitas dalam mengunjungi warung kopi pada komunitas Scorpio Aceh, dan begitu pula sebaliknya. Penelitian ini diharapkan berkontribusi dibidang Psikologi Sosial, Psikologi Kelompok, dan Psikologi Lingkungan, serta dapat memberi masukan kepada komunitas Scorpio Aceh untuk tetap mempertahankan nilai positif dari komunitas dan masyarakat agar dapat melihat nilai positif tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Safrilsyah. S.Ag., M.Si, 2. Ida Fitria, S.Psi., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kohesivitas, Konformitas, Komunitas, Motor.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 307 Komunitas
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Evia Safrina
Date Deposited: 26 Feb 2020 04:38
Last Modified: 26 Feb 2020 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11125

Actions (login required)

View Item View Item
TOP