Pengaruh Pedekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh

Muthia Ramadhani, 261222849 (2020) Pengaruh Pedekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pedekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Pedekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh)
Muthia Ramadhani, 261222849, FTK, PMA, 082272623462.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (41MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan proses kognitif yang lebih menekankan penalaran untuk memperoleh pengetahuan yang tidak hanya mampu memecahkan masalah, tetapi juga mampu memahami, memberikan pendapat dan keputusan terhadap sesuatu yang diinginkan. Namun kenyataannya, kesulitan terbesar yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika adalah ketika mentransformasikan ide-ide gagasan dan cenderung menghafal langkah demi langkah menyelesaikan soal. Oleh karena itu perlu dilakukan proses belajar mengajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif dengan menerapkan pendekatan Problem Centered Learning (PCL). Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Apakah pendekatan Problem Centered Learning (PCL) lebih baik dibandingkan pendekatan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII di MTsN 2 Banda Aceh? (2) Bagaimana pengaruh pendekatan Problem Centered Learning (PCL) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan Problem Centered Learning (PCL) lebih baik dibandingkan pendekatan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII dan pengaruh pendekatan Problem Centered Learning (PCL) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh dan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sehingga diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes, karena data kemampuan berpikir kreatif berupa data ordinal maka dikonversikan ke data interval dengan menggunakan Method Successive Interval (MSI), kemudian dianalisis dengan menggunakan software SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan taraf signifikansi 0,05 didapat nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pendekatan Problem Centered Learning (PCL) lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh. Selain itu, pengaruh pendekatan Problem Centered Learning (PCL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam semangat belajar matematika dengan menggunakan strategi yang bersifat baru, unik, atau tidak biasa untuk menyelesaikan masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M. Pd Pembimbing II : Vina Apriliani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Centered Learning (PCL)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muthia Ramadhani
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:16
Last Modified: 27 Feb 2020 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item
View Item