Pengaruh Ketersediaan Koleksi Sejarah Dan Budaya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Penulisan Karya Ilmiah Pemustaka Di Perpustakaan Tgk. Chik Kuta Karang Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh

Asmaul Husna, 150503047 (2019) Pengaruh Ketersediaan Koleksi Sejarah Dan Budaya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Penulisan Karya Ilmiah Pemustaka Di Perpustakaan Tgk. Chik Kuta Karang Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Ketersediaan Koleksi Sejarah Dan Budaya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Penulisan Karya Ilmiah Pemustaka Di Perpustakaan Tgk. Chik Kuta Karang Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh)
Asmaul Husna, 150503047, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Ketersediaan Koleksi Sejarah dan Budaya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Penulisan Karya Ilmiah Pemustaka di Perpustakaan Tgk. Chik Kuta Karang BPNB Aceh”. Permasalahannya adalah apakah ketersediaan koleksi sejarah dan budaya di perpustakaan Tgk. Chik Kuta Karang BPNB Aceh berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan penulisan karya ilmiah pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh ketersediaan koleksi sejarah dan budaya terhadap pemenuhan kebutuhan penulisan karya ilmiah di perpustakaan Tgk. Chik Kuta Karang BPNB Aceh. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Angket di edarkan kepada 49 sampel dari 497 populasi dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara ketersediaan koleksi sejarah dan budaya (variabel X) terhadap pemenuhan kebutuhan penulisan karya ilmiah pemustaka (variabel Y). Hal ini didukung dengan nilai regresi sebesar 0,791 yang artinya ketersediaan koleksi sejarah dan budaya berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan penulisan karya ilmiah pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data valid dan reliabel. Nilai koefisien korelasi menunjukkan sebesar 233.254. Regresi koefisien dari persamaan tersebut terdapat nilai thitung sebebesar 8,868, menyatakan bahwa terdapat korelasi yang positif antara variabel X dengan variabel Y. Dari hasil uji hipotesis terbukti bahwa Fhitung (78,635) > Ftabel (3,20) pada taraf signifikan 5% yang artinya hipotesis menyatakan terdapat pengaruh yang kuat antara ketersediaan koleksi sejarah dan budaya terhadap pemenuhan kebutuhan penulisan karya ilmiah. Adapun nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,626. Dengan demikian koleksi sejarah dan budaya mempengaruhi kebutuhan penulisan karya ilmiah pemustaka di perpustakaan Tgk. Chik Kuta Karang BPNB Aceh sebesar 62%, sedangkan 38% di pengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Nasruddin AS, M.Hum 2. Nuhayati Ali Hasan, M.LIS
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.5 Perpustakaan Pemerintah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.8 Perpustakaan dan Museum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Asmaul Husna
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:19
Last Modified: 05 Mar 2020 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item
TOP