Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Gerak Lurus Di MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Ulvida Yanti, 150204035 (2020) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Gerak Lurus Di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa  Pada Materi Gerak Lurus Di MAS Darul Ihsan Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Gerak Lurus Di MAS Darul Ihsan Aceh Besar)
Ulvida Yanti, 150204035, FTK, PFS, 082366946232.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran Fisika khususnya materi Gerak Lurus di MAS Darul Ihsan Aceh Besar, ditemukan bahwa pembelajaran hanya Memfokuskan pada aspek kognitif tentang gerak lurus, tetapi belum memfokuskan bagaimana melatih keterampilan proses sains (KPS) siswa. Pembelajaran fisika masih sering disajikan dalam bentuk langsung dan bersifat satu arah dari pendidik ke siswa. Salah satu solusi yang dapat melatih KPS adalah Pengaruh Pendekatan Saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa dengan pendekatan Saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, yang melibatkan kelas kontrol X IPA1 yang berjumlah 25 orang siswa dan kelas eksperimen X IPA2 yang berjumlah 25 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk essay. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa yaitu 3,90>1,68 untuk taraf signifikan α= 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pendekatan Saintifik terhadap KPS siswa , hal itu dapat dilihat adanya peningkatan pada delapan dari sepuluh indikator KPS yang meningkat pada kelas Eksperimen dibandingkan dengan kelas Kontrol. Pembelajaran fisika dengan menggunakan Saintifik pada materi Gerak Lurus menujukkan hasil positif dan dapat membuat siswa lebih semangat dalam belajar sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Eng. Nur Aida, M.Si Pembimbing II : Muhammad Nasir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Saintifik, Keterampilan Proses Sains (KPS), Gerak Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ulvida Yanti
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:44
Last Modified: 06 Mar 2020 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11184

Actions (login required)

View Item
View Item