Efektivitas Pendekatan Problem Solving Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMA Negeri 9 Banda Aceh

Kintana, 150213085 (2019) Efektivitas Pendekatan Problem Solving Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMA Negeri 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pendekatan Problem Solving Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMA Negeri 9 Banda Aceh]
Preview
Text (Efektivitas Pendekatan Problem Solving Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMA Negeri 9 Banda Aceh)
Kintana, 150213085, FTK, BK, 085216821591.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan siswa dalam membina pikiran serta tindakan atau kemampuan siswa dalam menghadapi seluruh aspek kehidupan manusia. Apabila siswa memiliki kecerdasan emosional yang rendah maka akan menghambat perkembangannya dalam segi pribadi ataupun dalam segi sosial. Namun kenyataan yang terjadi di SMA Negeri 9 Banda Aceh terdapat beberapa siswa yang belum memahami tentang kecerdasan emosional, Sehingga perlu adanya upaya yang diberikan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dengan menggunakan pendekatan problem solving. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah pendekatan problem solving efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan problem solving dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Ips dengan jumlah 77 siswa SMA Negeri 9 Banda aceh. Total sampel berjumlah 11 siswa yang dipilih secara non random probability sampling. dengan jenis purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kecerdasan emosional yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan treatment hal ini dibuktikan melalui skor rata-rata pretest dan posttest. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan problem solving efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 9 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hj. Chairan M.Nur, M.Ag Pembimbing II : Sari Rizki, S.Psi, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Kecerdasan Emosional
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Kintana Kintana
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:04
Last Modified: 05 Mar 2020 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11191

Actions (login required)

View Item
View Item