Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Teknik Diskusi Kelompok Di MTsN 2 Banda Aceh

Putra Fajrillah, 150213086 (2020) Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Teknik Diskusi Kelompok Di MTsN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Teknik Diskusi Kelompok Di MTsN 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Teknik Diskusi Kelompok Di MTsN 2 Banda Aceh)
Putra Fajrillah, 050213086, FTK, BK, 085277023447.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan seseorang dalam mengatur kehidupan emosinya dengan intelegensi atau kemampuan seseorang dalam mengaplikasikan tindakannya. Apabila siswa tidak memiliki emosional yang matang dalam arti kecerdasan emosional tersebut masih rendah maka akan menghambat perkembangannya baik dalam bidang pribadi maupun sosial. Namun kenyataan yang terjadi di MTsN 2 Banda Aceh terdapat beberapa siswa yang belum memahami tentang kecerdasan emosional sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional tersebut dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kecerdasan emosional siswa meningkat dengan pemberian teknik diskusi kelompok dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa meninggkat dengan pemberian teknik diskusi kelompok. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa dari kelas VIII-3 dan VIII-4 dengan jumlah 62 siswa MTsN 2 Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan non random probability sampling dengan jenis purposive sampling dengan total sampel berjumlah 9 siswa yang memiliki skor nilai terendah, teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kecerdasan emosional yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan treatment hal ini dibuktikan melalui skor rata-rata pretest dan posttest. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MTsN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Saifullah, M.Ag Pembimbing II : Elviana, M.Si
Uncontrolled Keywords: Teknik Diskusi Kelompok, Kecerdasan Emosional
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Putra Fajrillah
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:05
Last Modified: 05 Mar 2020 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item
View Item