Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Wayang Kardus untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKIT Cendekia Darussalam Aceh Besar

Fidya Ismiulya, 150210066 (2019) Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Wayang Kardus untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKIT Cendekia Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media  Wayang Kardus untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKIT Cendekia Darussalam Aceh Besar.]
Preview
Text (Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Wayang Kardus untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKIT Cendekia Darussalam Aceh Besar.)
Fidya Ismiulya, 150210066, FTK, PIAUD, 082361087661.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penerapan metode bercerita menggunakan media wayang kardus perlu digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep huruf pada anak usia dini. Hasil observasi awal di TKIT Cendekia Darussalam ditemukan kemampuan memahami konsep huruf pada anak belum sepenuhnya berkembang. Banyak anak yang hanya mampu menghafal huruf tanpa mampu menyebutkan huruf secara acak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru melalui penerapan metode bercerita menggunakan media wayang kardus dapat meningkatkan pemahaman konsep huruf pada anak usia 5-6 tahun di TKIT Cendekia Darussalam Aceh Besar (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep huruf melalui penerapan metode bercerita menggunakan media wayang kardus pada anak usia 5-6 tahun di TKIT Cendekia Darussalam Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bersifat kolaboratif karena adanya kerja sama antara peneliti dengan guru kelas. Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari 13 anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa Siklus I aktivitas guru memperoleh nilai 3,27 dengan kriteria Baik. Pemahaman konsep huruf anak pada Siklus I menggunakan media wayang kardus mencapai mencapai 62,01% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Sedangkan pada Siklus II aktivitas guru memperoleh nilai 3,72 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan pada Siklus II pemahaman konsep huruf pada anak mengalami peningkatan mencapai 80,28% dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita menggunakan media wayang kardus dapat meningkatkan aktivitas guru dan pemahaman konsep huruf anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, M.A Pembimbing II : Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Media Wayang Kardus dan Pemahaman Konsep Huruf.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Fidya Ismiulya
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:19
Last Modified: 09 Mar 2020 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11194

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item