Implementasi Pendekatan Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di SMP Negeri 6 Seulimeum

Ulva Kurnia Fitri, 150204107 (2020) Implementasi Pendekatan Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di SMP Negeri 6 Seulimeum. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Pendekatan Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di SMP Negeri 6 Seulimeum]
Preview
Text (Implementasi Pendekatan Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di SMP Negeri 6 Seulimeum)
Ulva Kurnia Fitri, 150204107, FTK, PFS, 085358485797.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Observasi di SMP Negeri 6 Seulimeum diperoleh permasalahan Pembelajaran IPA masih kurang Efektif. Sebagian besar dari siswa tidak memperhatikan guru didepan mengajar mereka sibuk dengan kegiatan lain. Antusias siswa dalam belajar juga masih rendah. Akibatnya motivasi belajar siswa masih kurang dalam pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan penerapan pendekatan science technology engineering and mathematics (STEM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan science technology engineering and mathematics (STEM). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre - Experimental dengan desain One Grub Pretest Posttest, yang melibatkan siswa kelas VII yang berjumlah 10 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik setelah digunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya didapatkan thitung > ttabel yaitu 9,84 > 1,73 dengan demikian, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan science technology engineering and mathematics (STEM) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Soewarno S, M.Si Pembimbing II : Mulyadi Abdul Wahid, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Science Technology Engineering And Mathematics (STEM), Motivasi Belajar, Kalor dan Perpindahannya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ulva Kurnia Fitri
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:44
Last Modified: 06 Mar 2020 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11195

Actions (login required)

View Item
View Item