Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Ikatan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS Darul Ihsan Aceh Besar.

Elfi Martha Sry Yanti, 150208104 (2020) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Ikatan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Ikatan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS Darul Ihsan Aceh Besar.)
Elfi Martha Sry Yanti, 150208104, FTK, PKM, 082368388037.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Selama proses pembelajaran berlangsung masih banyak siswa mengalami kesulitan memahami materi yang disampaikan. Pendidik perlu memanfaatan model dan media pembelajaran yang dapat mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Model inkuiri terbimbing (guided inquiry) adalah salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk meningkatkan keterampilan sains, kemampuan berpikir, dan menekankan pada penyelidikan secara ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa di MAS Darul Ihsan Aceh Besar dan respon siswa. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif yaitu quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas eksperimen X 4F dan kelas kontrol X 4D MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk tes adalah uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis, sedangkan untuk angket dengan menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 12,10 > 1,980, maka H0 ditolak Ha diterima. Hasil respon siswa menunjukkan respon positif, yaitu sebesar 89,3%. Kesimpulan yang dapat diambil terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa menunjukkan respon positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hilmi, M.Ed Pembimbing II : Teuku Badlisyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Hasil Belajar Siswa, Ikatan Kimia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Elfi Martha Sry Yanti
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:15
Last Modified: 06 Mar 2020 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11200

Actions (login required)

View Item View Item
TOP