Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Di SDN Monpasong Aceh Barat

Amiruddin, 271324750 (2017) Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Di SDN Monpasong Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Di SDN Monpasong Aceh Barat)
Amiruddin, 271324750, FTK, PMI, 082360021013.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sistem informasi manajemen merupakan sesuatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen (perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian) dalam lembaga pendidikan. Penggunaan SIM pada lembaga pendidikan sangat dibutuhkan, karena dalam menghadapi persaingan global lembaga pendidikan dituntut untuk memberikan informasi lebih cepat, akurat dan nyaman yang merupakan bagian dari kualitas pelayanan sehingga akan menjadi sebuah keunggulan dalam bersaing. Namun permasalahan yang sering terjadi penggunaan SIM dalam manajemen berbasis sekolah di SDN Mon Pasong masih belum maksimal. Sehingga tujuan sekolah tidak berjalan secara efektif seperti susahnya pengelolaan dalam mengolah data sekolah. Tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui penerapan manajemen berbasis sekolah di SDN Mon Pasong Kabupaten Aceh Barat dan untuk mengetahui penggunaan SIM dalam manajemen berbasis sekolah di SDN Mon Pasong Kabupaten Aceh Barat. Metode yang digunakan dalam pembahasan skripsi ini metode deskriftif kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala tata usaha, staf tata usaha (operator). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara, dan observasi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS di SDN Mon Pasong sudah diterapkan namun belum terlaksana secara maksimal. Penggunaan SIM di SDN Mon Pasong sudah digunakan namun kurangnya pemahman operator tentang penggunaan SIM. Hal ini dapat dilihat dari cara operator dalam mengaplikasikan SIM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Fatimah Ibda, M.Si Pembimbing II : Nurussalami, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: SIM dan MBS
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.401 Manajemen Operasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Amiruddin Amiruddin
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:01
Last Modified: 05 Mar 2020 02:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11204

Actions (login required)

View Item View Item
TOP