Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Metode Pembelajaran Thinking Aloudpair Problem Solving (TAPPS) Pada Siswa SMP

Rike Arami Rezeki, 150205081 (2020) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Metode Pembelajaran Thinking Aloudpair Problem Solving (TAPPS) Pada Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Metode Pembelajaran Thinking Aloudpair Problem Solving (TAPPS) Pada Siswa SMP]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Metode Pembelajaran Thinking Aloudpair Problem Solving (TAPPS) Pada Siswa SMP)
Rike Arami Rezeki, 150205081, FTK, PMA, 082276504893.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan. Kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) merupakan suatu metode yang diasumsikan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan metode pembelajaran TAPPS pada siswa kelas VII SMP, (2) perbandingan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan dengan metode pembelajaran TAPPS dan yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain control group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Takengon. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling dan terpilih kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar tes yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Satu siswa kelas eksperimen memiliki tingkat N-gain tinggi, 17 siswa yang memiliki tingkat N-gain sedang dan selebihnya empat siswa memiliki tingkat N-gain rendah dan dapat dilihat rata-rata pretest sebelum diberi perlakuan 22,85 dan setelah diberi perlakukan rata-rata postest 33,03, sehingga terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan metode pembelajaran TAPPS pada siswa kelas VII SMP dengan rata-rata tingkat N-gain 0,40 dengan evektivitas sedang. (2) thitung = 7,67 dan ttabel = 1,68 yang berarti bahwa thitung > ttabel, yaitu 7,67 > 1,68, sehingga peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan metode pembelajaran TAPPS lebih baik dari pada yang diterapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M.Kes. Pembimbing II : Muhammad Yani, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rike Arami Rezeki
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:21
Last Modified: 06 Mar 2020 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11205

Actions (login required)

View Item
View Item