Kompetensi Pedagogik Guru PAI Di SMAN 1 Calang Aceh Jaya

Khairizal, 150201047 (2020) Kompetensi Pedagogik Guru PAI Di SMAN 1 Calang Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kompetensi Pedagogik Guru PAI  Di SMAN 1 Calang Aceh Jaya]
Preview
Text (Kompetensi Pedagogik Guru PAI Di SMAN 1 Calang Aceh Jaya)
Khairizal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama merupakan kebutuhan bagi setiap umat Islam, oleh karena itu Islam mewajibkan pemeluknya untuk belajar sejak dini. Pendidikan agama yang diberikan oleh guru yang memiliki kompetensi baik sangat berpengaruh terhadap pemahaman ajaran agama anak didik. Guru yang berkompetensi akan mampu merangsang anak didik untuk mencintai materi pelajaran yang akan disampaikan. Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru dapat digunakan untuk memahami peserta didik dengan baik dan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan serta akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Berdasarkan hasil observasi awal, dan wawancara dengan beberapa siswa. realita yang terjadi di SMAN 1 Calang Aceh Jaya menunjukkan bahwa sebagian guru PAI belum memenuhi kompetensi pedagogik Padahal guru dituntut untuk mengembangkan kompetensi pedagogik agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Berawal dari observasi awal tersebut, penelitian yang akan dilakukan ini memfokuskan pada masalah kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMAN 1 Calang Aceh Jaya dalam merencanakan pembelajaran? bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMAN 1 Calang Aceh Jaya dalam melaksanakan pembelajaran? bagaimana kompetensi pedagogik guru pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Calang Aceh Jaya dalam mengevaluasi pembelajaran? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan penambahan angket untuk siswa, kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data atau display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan pembelajaran di SMAN 1 Calang Aceh Jaya secara keseluruhan sudah menerapkan kompetensi pedagogiknya dengan baik, namun masih perlu penyempurnaan. Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran di SMAN 1 Calang Aceh Jaya secara keseluruhan sudah menerapkan kompetensi pedagogiknya dengan baik, namun masih perlu penyempurnaan. Dan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam mengevaluasi pembelajaran di SMAN 1 Calang Aceh Jaya sudah baik, namun masih perlu penyempurnaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sri Suyanta, M.Ag Pembimbing II : Muhibuddin, S.Ag., M,Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru PAI
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khairizal Khairizal
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:31
Last Modified: 05 Mar 2020 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item
View Item