Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Pada Materi Tekanan Hidrostatis Kelas XI MAN 4 Aceh Besar

Nella Nurul Ardila, 150204058 (2019) Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Pada Materi Tekanan Hidrostatis Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Pada Materi Tekanan Hidrostatis Kelas XI  MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Pada Materi Tekanan Hidrostatis Kelas XI MAN 4 Aceh Besar)
Nella Nurul Ardila, 150204058, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh LKPD yang digunakan di sekolah masih berpusat dengan buku pelajaran, dan pendidik belum pernah mengembangkan LKPD khusus yang berbasis Discovery Learning pada materi Tekanan Hidrostatis. LKPD yang digunakan oleh pendidik kurang menarik sehingga menyebabkan peserta didik kurang semangat dalam mengerjakan LKPD tersebut. Oleh sebab itu, peneliti berinisiatif mengembangkan LKPD penemuan konsep berbasis Discovery Learning pada materi Tekanan Hidrostatis. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kelayakan LKPD menurut penilaian para ahli, (2) respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis Discovery Learning pada materi Tekanan Hidrostatis di MAN 4 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dipilh secara purposive sampling. Langkah penelitian dan pengembangan pada penelitian ini analisis dengan langkah studi pendahuluan, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk dan evaluasi produk. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket LKPD, lembar validasi dan lembar angket, dengan 4 kategori disusun dalam bentuk ceklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan LKPD berbasis Discovery Learning di MAN 4 Aceh Besar yang dinilai oleh ahli materi berada pada kategori layak (80%), dan katagori ahli media berada pada katagori sangat layak (86%). (2) respon peserta didik sangat positif dalam menilai LKPD sangat setuju (82%). Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa, LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Tekanan Hidrostatis ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Fitriyawany, M.Pd Pembimbing II : Rahmati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: LKPD, Discovery Learning, Tekanan Hidrostatis.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nella Nurul Ardila
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:48
Last Modified: 06 Mar 2020 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11212

Actions (login required)

View Item
View Item