Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Tekanan Pada Zat Cair

Yunida Wati, 150204012 (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Tekanan Pada Zat Cair. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Tekanan Pada Zat Cair]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Tekanan Pada Zat Cair)
Yunida Wati, 150204012,FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum lengkapnya lembar kerja peserta didik (LKPD) khususnya yang berbasis kontekstual pada materi tekanan pada zat cair, jadi peneliti berinisiatif mengembangkan LKPD kontekstual pada materi tekanan pada zat cair, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas LKPD dan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis kontekstual pada materi tekanan pada zat cair. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE dan dibatasi tidak menggunakan langkah penerapan. Langkah penelitian dan pengembangan dipenelitian ini dianalisis dengan langkah studi pendahuluan desain produk, pengembangan produk dan evaluasi produk. Instrumen penelitian berupa skala angket dengan 4 kategori disusun dalam bentuk ceklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas LKPD berbasis kontekstual yang di nilai oleh ahli substansi materi berada pada kategori layak 81,06%, ahli substansi media pada kategori layak 81% dan tanggapan peserta didik terhadap LKPD berbasis kontekstual memperoleh persentase rata-rata sebesar 79,07% peserta didik yang memberi tanggapan tertarik dan setuju dalam menggunakan LKPD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis kontekstual pada materi tekanan pada zat cair ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ida Meutiawati, M.Pd Pembimbing II : Sri Ningsih, S.Si.,M.Sc
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yunida Wati
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:37
Last Modified: 06 Mar 2020 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item
View Item