Dana Aspirasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Relevansinya dengan Pembangunan (Studi Kasus Terhadap Keberlanjutan Program Pembangunan Gedung Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar- Raniry)

Mukhlis, 150105024 (2019) Dana Aspirasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Relevansinya dengan Pembangunan (Studi Kasus Terhadap Keberlanjutan Program Pembangunan Gedung Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar- Raniry). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Dana Aspirasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Relevansinya dengan Pembangunan (Studi Kasus Terhadap Keberlanjutan Program Pembangunan Gedung Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar- Raniry))
Mukhlis, 150104024, FSH, HTN, 082311806568.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam penggunaan dana aspirasi selama ini, masih banyak anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)yang lebih mengutamakan kepentingan pribadi dan tujuan politiknya sendiri tanpa memikirkan aspirasi masyarakatnya sendiri. Padahal, pada hakikatnya kebijakan dana aspirasi ini dianggap sebagai wujud nyata dalam menindaklanjuti aspirasi dari daerah pemilihan (dapil) para anggota DPR Aceh sekaligus dapat membawa nama harum bagi anggota DPR Aceh. Sebagai wakil rakyat yang terpilih di parlemen, sudah seharusnya anggota DPR Aceh mendengar, mempertimbangkan serta mewujudkan aspirasi- aspirasi masyarakat sebagaimana diamanatkan di dalam Pasal 80 huruf (j) Undang- Undang Nomor 17 Tahun 2014 Tentang MPR. DPR, DPD, dan DPRD bahwa anggota DPR berhak mengusulkan dan memperjuangkan program pembangunan di daerah pemilihannya. Sehingga dari sinilah muncul problem bagaimana penggunaan dana aspirasi anggota DPR Aceh dan Relevansinya terhadap pembangunan sebagai bentuk untuk memenuhi aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya. Penelitian ini termasuk ke dalam dua jenis penelitian yaitu penelitian pustaka (library research) dan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan wawancara yang digunakan sebagai data primer dan dokumentasi yang digunakan sebagai data sekunder, serta menggunakan metode deskriptif analisis untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Setelah mengadakan penelitian dapat diketahui bahwa dana aspirasi anggota DPR Aceh terhadap program pembangunan gedung Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar- Raniry sangat relevan karena pembangunan gedung Fakultas tersebut merupakan salah satu aspirasi anggota DPR Aceh yang dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Tahun 2018. Namun, pembangunan gedung Fakultas tersebut menjadi terhambat (mandeg) dikarenakan APBA Tahun 2018 di Peraturan Gubernurkan (Pergub). Oleh karena itu, dana yang diberikan terhadap pembangunan gedung tersebut sangat terbatas sehingga membuat gedung Fakultas tersebut tidak fungsional dan tidak bisa diimplementasikan sebagai tempat perkuliahan oleh para mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muslim Zainuddin M.Si Pembimbing II : Hajarul Akbar M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.382 Administrasi Manajemen
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Mukhlis Mukhlis
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:32
Last Modified: 09 Mar 2020 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

View Item View Item
TOP