Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Metode Praktikum Terhadap Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di MAS Nurul Islam Blang Rakal

Yulianda Mawaddah, 150207005 (2020) Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Metode Praktikum Terhadap Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di MAS Nurul Islam Blang Rakal. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Metode Praktikum Terhadap Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di MAS Nurul Islam Blang Rakal]
Preview
Text (Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Metode Praktikum Terhadap Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di MAS Nurul Islam Blang Rakal)
Yulianda Mawaddah, 150207005, FTK, PBL, 082369959832.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa yaitu melalui penggunaan model discovery learning dengan metode praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa pada materi sel melalui penggunaan model discovery learning dengan metode praktikum. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Nurul Islam Blang Rakal. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MAS Nurul Islam dan sampelnya adalah siswa kelas XIA, pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Metode penelitian ini yaitu pre-experiment dengan desain penelitian one group pre-test-post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data partisipasi siswa dilakukan dengan menggunakan rumus persentase dan analisis data hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan rumus N-gain dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase partisipasi siswa mengalami peningkatan yaitu, pada pertemuan I nilai rata-rata persentase 62% dengan kategori aktif, sedangkan pada pertemuan II nilai rata-rata persentase 76% dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar terbukti meningkat dengan thitung lebih besar daripada ttabel (thitung = 14,41 dan ttabel = 2,12). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dengan metode praktikum dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada materi sel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Nursalmi Mahdi, M. Ed. St 2. Nafisah Hanim, M. Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yulianda Mawaddah
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:55
Last Modified: 06 Mar 2020 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item
View Item