Korelasi Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 69 Banda Aceh

Rusma Wardani, 150201173 (2020) Korelasi Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 69 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Korelasi Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 69 Banda Aceh]
Preview
Text (Korelasi Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 69 Banda Aceh)
Rusma Wardani, 150201173, FTK, PAI, 085260174171.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang dipercaya oleh orang tua untuk mendidik anak-anaknya dalam jangka waktu cukup lama. Orang tua menyerahkan beban dan tugas pendidikan ke sekolah karena diyakini dapat membimbing dan mengarahkan anak-anaknya dalam belajar. Setiap orang tua semua menginginkan anak-anaknya berprestasi baik di sekolah, di tempat kursus dan lain sebagainya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar agama peserta didik, untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik, untuk mengetahui keterkaitan pola asuh pada prestasi belajar agama peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian korelasional (asosiatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan aktif dalam meningkatkan restasi belajar siswa dengan memberikan perhatian dan bimbingan kepada anak untuk meyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam belajar dan juga menyediakan fasilitas belajar bagi anak agar dapat mendukung proses belajar di sekolah. Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik termasuk pada kategori baik. Akan tetapi terdapat beberapa orang siswa yang belum mencapai nilai KKM dikarenakan tidak mampu menguasai materi pelajaran dan juga kurangnya perhatian orang tua. Terdapat keterkaitan antara pola asuh oragtua dan prestasi belajar agama peserta didik. Siswa yang diasuh dengan pola asuh yang baik mendapatkan prestasi belajar yang baik. Sedangkan siswa yang tidak mendapatkan pola asuh yang kurang baik memiliki prestasi belajar yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhibuddin, S.Ag., MA Pembimbing II : Muhajir, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Korelasi Pola Asuh Orang tua, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rusma Wardani
Date Deposited: 06 Mar 2020 01:29
Last Modified: 06 Mar 2020 01:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11220

Actions (login required)

View Item
View Item