Keanekaragaman Lichenes Di Kawasan Geothermal Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Mikologi

Jasimatika, 150207091 (2020) Keanekaragaman Lichenes Di Kawasan Geothermal Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Mikologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keanekaragaman Lichenes Di Kawasan Geothermal Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Mikologi]
Preview
Text (Keanekaragaman Lichenes Di Kawasan Geothermal Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Mikologi)
Jasimatika, 150207091, FTK, PBL, 081223350890.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keanekaragaman adalah gabungan antar jumlah spesies dan jumlah individu masing-masing spesies dalam satu komunitas salah satunya Lichenes. Lichenes merupakan asosiasi antara jamur dan alga. Lichenes tumbuh di bebatuan, di kulit pohon, di tanah dan di daun sebagai habitatnya. Penelitian Lichenes sudah sering dilakukan namun lokasi yang diteliti berbeda dari peneliti sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Jenis-jenis Lichenes, (2) Indeks keanekaragaman Lichenes, (3) Manfaat hasil penelitian keanekaragaman Lichenes dan (4) Respon mahasiswa terhadap output hasil penelitian keanekaragaman Lichenes. Penelitian ini dilakukan di kawasan geothermal Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode Line transek dan Petak kuadrat dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan sebanyak 3799 individu dari 23 jenis yang termasuk ke dalam 12 famili. Keanekaragaman Lichenes di lokasi penelitian tergolong tinggi, dengan indeks keanekaragaman H’= 3.0045 menurut kriteria Shannon-Wiener. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk buku ajar dan poster sebagai referensi mata kuliah Mikologi. Respon mahasiswa terhadap output hasil penelitian tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan nilai persentase 84,70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Nurdin Amin, S.Pd.I, M.Pd 2. Khairun Nisa, S.Si, M.Bio
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Lichenes, Referensi, Kawasan Geothermal Kecamatan Wih Pesam
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Jasimatika Jasimatika
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:51
Last Modified: 06 Mar 2020 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11222

Actions (login required)

View Item
View Item