Pemanfaatan Laboratorium Fisika Di SMP Negeri 2 Labuhan Haji Barat

Miria Yasmina, 150204084 (2020) Pemanfaatan Laboratorium Fisika Di SMP Negeri 2 Labuhan Haji Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemanfaatan Laboratorium Fisika Di SMP Negeri 2 Labuhan Haji Barat]
Preview
Text (Pemanfaatan Laboratorium Fisika Di SMP Negeri 2 Labuhan Haji Barat)
Miria Yasmina, 150204084, FTK, PFS .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di sekolah SMP Negeri 2 Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan didapat peneliti bahwa di SMP Negeri 2 Labuhan Haji Barat telah memiliki laboratorium IPA. Secara keseluruhan sekolahnya sudah bagus, pengelolaan laboratorium sekolah belum dapat dilakukan sebagaimana mestinya, sarana dan prasarana seperti laboratorium fisika tidak digunakan secara efektif, karena keterbatasan alat. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) penyebab kurangnya pemanfaatan dalam proses pembelajaran (2) proses pemanfaatan laboratorium fisika dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyebab Kurangnya Pemanfaatan Laboratorium Fisika dalam Proses Pembelajaran, alat yang tersedia kurang lengkap di SMP Negeri 2 Labuhan Haji Barat. Jadi kalau mau melakukan Praktikum juga sangat terbatas, Tidak semua fasilitas fisika tersedia di sekolah tersebut, karena kurang lengkap fasilitas, sehingga Lab Fisika jarang digunakan. Jika ingin menggunakan Lab, maka ada jadwal-jadwal tertentu yang harus dipatuhi, Setiap kelas diberikan jadwal masing-masing, agar tidak bentrok dengan kelas lain, karena fasilitas/alat yang tersedia di Lab tidak memadai untuk melakukan praktikum bersama kelas yang lain, Proses Pemanfaatan Laboratorium Fisika dilakukan berkelompok, setiap kelompok diberikan tugas masing-masing dalam pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Eng. Nur Aida, M.Si Pembimbing II : Rusydi, S.T., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemanfataan, Laboratorium Fisika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Miria Yasmina
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:36
Last Modified: 06 Mar 2020 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11230

Actions (login required)

View Item
View Item