Model Komunikasi Humas Pada Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Banda Aceh

Misbahuddin, 411106503 (2018) Model Komunikasi Humas Pada Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Model Komunikasi Humas Pada Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Banda Aceh)
Misbahuddin, 411106503, FDK, KPI, 082361421015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Model adalah representasi suatu fenomena, baik nyata maupun abstrak dengan menonjolkan unsur-unsur terpenting fenomena tersebut. Sedangkan model komunikasi merupakan alat untuk menjelaskan atau untuk mempermudah penjelasan komunikasi. Salah satu peristiwa di alam nyata yang sangat memerlukan suatu proses komunikasi ialah peristiwa kebakaran, apakah model komunikasi yang selama ini dipraktekkan di lapangan antara Humas dan Badan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda, sudahkah sesuai dan mampu menanggulangi tingkat kebakaran di Kota Banda Aceh ataukah malah sebaliknya, hal ini menjadi pertanyaan besar yang perlu untuk dikaji ulang. Sehingga untuk menaggulangi hal ini diperlukan suatu komunikasi yang bagus dan terarah supaya setiap bencana kebakaran yang terjadi di Banda Aceh bisa terselesaikan dan dipadamkan dengan cepat oleh pihak yang bertugas dengan baik tanpa meninggalkan korban, saat ini penanganan terhadap kebakaran masih memiliki berbagai kendala yang mengakibatkan kejadian kebakaran sering berakibat fatal dan berulang. Metode yang digunakan dalam penilitian ini ialah jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk mendapatkan hasil penelitian yang lengkap. Penelitian kualitatif ialah suatu konsep keseluruhan untuk mengungkapkan rahasia tertentu. Dilakukan dengan menghimpun data dalam keadaan sewajarnya, mempergunakan cara kerja dilapangan secara sistematis, terarah dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga tidak kehilangan sifat ilmiah nya. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Model komunikasi yang digunakan oleh masyarkat kepada pihak pemadam kebakaran Kota Banda Aceh yaitu melalui alat komunikasi elektronik yaitu seperti telepon dan handphone, jika kita melihat kembali teori yang di paparkan oleh Claude Shannon dan Warren Weaver didalam teori mereka terlihat bahwa Model ini menyoroti masalah penyampaian pesan berdasarkan tingkat kecermatannya. Kendala yang dilami dalam pelaksanaan ialah banyak masyarakat yang belum mengetahui nomor telepon kantor pemadam kebakaran, laporan informasi yang tidak akurat dari humas atau masyarakat yang mengetahui kejadian kebakaran sehingga membuat kinerja anggota Damkar lambat dalam bekerja, kepanikan masyarakat dalam memberikan informasi, akses jalan untuk memasuki lokasi sangat sempit disebabkan oleh gerombolan masyarakat dan gapura-gapura gampong sehingga harus memutar dan beberapa kendala lain yang mungkin tidak besar tetapi mempengaruhi kinerja anggota Damkar. Kendala lainnya yang membuat fatal ialah putusnya komunikasi atau jaringan, sehingga membuat informasi kepada pihak Damkar terlambat merespon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model,Komunikasi, Pemadam dan Kebakaran
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Misbahuddin Misbahuddin
Date Deposited: 23 Jul 2020 03:22
Last Modified: 23 Jul 2020 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11231

Actions (login required)

View Item View Item
TOP