Kepedulian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak di MIN 26 Aceh Besar

Ahmad Didad, 150201017 (2020) Kepedulian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak di MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Kepedulian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak di MIN 26 Aceh Besar)
Ahmad Didad, 150201017, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Orang tua merupakan pendidik utama dalam keluarga, oleh karena itu orang tua mempunyai peran yang sangat besar dalam setiap aspek kehidupan anak-anaknya. Salah satu bukti adanya peran orang tua terhadap prestasi belajar anak adalah dengan menunjukkan rasa kepedulian terhadap pendidikan anak agar dapat meraih prestasi yang baik. Dalam penelitian ini peneliti bermaksud untuk mengungkapkan tentang kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar anak di MIN 26 Aceh Besar. Rumusan masalah dalam skripsi ini bagaimana bentuk-bentuk kepedulian orang tua gampong lampuja terhadap prestasi belajar anak di MIN 26 Aceh Besar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang megumpulkan data lapangan, mengolah, menganalisis dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Hasil dari penelitian ini ditemukan terdapat beberapa bentuk kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar anak di MIN 26 Aceh Besar, yaitu: memberikan motivasi belajar pada anak, memberikan nasehat, mengontrol waktu belajar anak, memberikan reward serta memberikan punishment. Hal- hal yang demikian tidak hanya dilakukan oleh orang tua saja, namun pihak sekolah seperti kepala sekolah dan guru juga ikut berperan untuk mendorong siswa memperoleh prestasi yang baik. Adapun kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan telah ada usaha dari orang tua untuk menunjukkan rasa kepedulian terhadap prestasi belajar anak, meskipun peneliti merasa bahwa masih terdapat hal lain yang dapat dilakukan oleh orang tua sebagai bentuk kepeduliannya terhadap prestasi belajar anak, seperti mengadakan kerja sama kepada pihak sekolah untuk mengetahui perkembangan belajar anaknya, memberikan pembelajaran tambahan kepada anak seperti mengikuti les, bimbel, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, MA. Pembimbing II : Nurbayani, S.Ag, MA.
Uncontrolled Keywords: Kepedulian, Orang Tua, Prestasi Belajar, Anak.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Didad
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:39
Last Modified: 06 Mar 2020 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item
TOP