Penerapan Kawasan Tanpa Rokok Berdasarkan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 5 Tahun 2016 (Studi Kasus Di Lingkungan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Abdurrahman, 121309970 (2019) Penerapan Kawasan Tanpa Rokok Berdasarkan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 5 Tahun 2016 (Studi Kasus Di Lingkungan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Penerapan Kawasan Tanpa Rokok Berdasarkan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 5 Tahun 2016 (Studi Kasus Di Lingkungan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh))
Abdurrahman, 121309970, FSH, HES, 08123200067.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Qanun merupakan peraturan perundang-undangan sejenis dengan peraturan daerah yang mengatur penyelenggara pemerintahan dan kehidupan masyarakat di provinsi Aceh. Dalam qanun ini sendiri telah ada peraturan kawaan tanpa rokok di area pendidikan, perkantoran, pelayanan kesehatan, ibadah, angkutan umum dan tempat pengisian bahan bakar (SPBU) yang telah di jelaskan dalam qanun kota Banda Aceh nomor 5 Tahun 2016 sebagaimana telah tertulis pada pasal 6 ayat 1. Namun tidak dapat di pungkiri bahwasanya di kampus Universitas Islam Negeri ini masih sering terjadinya merokok dan memperjualbelikannya di area yang telah dilarang khususnya di kantin. Rumusan masalah di sini yaitu (1) Bagaimana penerapan kawasan tanpa rokok berdasarkan qanun kota Banda Aceh Nomor 5 Tahun 2016 di lingkungan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, (2) Bagaimana pandangan qanun kawasan tanpa rokok terhadap transaksi jual beli rokok di area UIN Ar-Raniry, (3) Bagaimana mengatasi faktor penghambat dalam mengimplementasikan qanun kota Banda Aceh dalam hal jual beli rokok di area Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dari para pihak yang dijadikan informan penelitian. Teknik wawancara dilakukan dengan mendatangi langsung menjumpai pihak-pihak yang diwawancarai. Hasil penelitian di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry bahwa peraturan kawasan tanpa rokok tidak berjalan dengan semestinya yang sudah diamanatkan oleh qanun, karena masih maraknya iklan rokok yang terjadi di kampus khususnya di kantin, dan kurangnya pengawasan dari pihak kampus dan tidak tegasnya peraturan yang sudah diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Abdul Jalil Salam, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Amrullah, S.HI,. LLM
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 345 Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Abdurrahman Abdurrahman
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:49
Last Modified: 06 Mar 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11246

Actions (login required)

View Item View Item
TOP